Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat datang di Website MAN 1 Banyuwangi. Website ini masih dalam tahap pengembangan. Terima kasih atas kunjungannya.
Home » » Hardiknas, Bupati Anas Jadi Motivator Pendidikan di MAN Banyuwangi

Hardiknas, Bupati Anas Jadi Motivator Pendidikan di MAN Banyuwangi

Banyuwangi - Tidak seperti hari-hari biasa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Banyuwangi. Sekitar 70 siswa MAN kelas X dan XI mendapat kejutan saat Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas mendadak menjadi guru motivator sukses di kelasnya.

Selama kurang lebih 30 menit, puluhan murid itu dimotivasi Bupati Anas agar selalu mengedepankan akhlak positif dan pendidikan karakter. Tepat selepas pelaksanaan upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Jumat (2/5/2014) di Taman Blambangan, Bupati Anas mengunjungi salah satu sekolah di Banyuwangi.

Saat memberikan motivasi, Bupati Anas menuturkan, selain faktor diri sendiri, lingkungan juga menjadi salah satu penentu kualitas sukses. Bupati Anas yang pernah mengenyam pendidikan berbasis madrasah itu menceritakan beberapa kisah perjalanan dirinya dan sahabat-sahabatnya yang sukses.

Ia juga memotivasi para murid agar selalu bersemangat, pantang menyerah dan tekun beribadah. Sebab dalam menghadapi persaingan global tanpa batas saat ini, mental positif serta lingkungan positif menjadi kunci utama yang hingga kini masih teguh ia terapkan.

"Jika ingin sukses bisa terapkan 3 kunci ini, pergaulan positif, doa orang tua dan carilah orang yang mau menasehati kita. Itu penting," tegas Bupati lulusan Harvard Kennedy School of Government.

Bupati Anas menyemangati puluhan siswa itu agar memiliki keyakinan sukses. Apapun kesulitan dan tantangan yang dihadapi saat ini jika yakin dan percaya diri dengan kualitas dan kemampuan yang dimiliki maka sukses hanya tinggal menunggu waktu.
Saat menit awal para siswa diberi motivasi oleh Bupati Anas, wajah puluhan siswa itu masih terlihat tegang. Namun, setelah 10 menit berlalu, kobaran semangat positif Bupati Anas mulai menular ke seluruh isi ruangan. Semangat mereka juga mulai terpompa saat Bupati Anas menceritakan bahwa banyak orang sukses yang dilahirkan berawal dari kesulitan dan kesukaran.

"Saya rasa anak-anak sekolah perlu motivasi dan keyakinan bahwa banyak orang yang awalnya susah tapi bisa sukses. Teori sudah banyak, pendidikan karakter sudah ada tapi motivasi diri itu penting," ungkapnya.

Bupati Anas juga berpesan kepada para guru pendidik di sekolah agar lebih bekerja dengan hati. Sebab mendidik tidak hanya sekedar menjadi anak yang pandai tapi juga anak yang bahagia.

"Guru sekarang harus bekerja memakai hti. Sebab kita dilahirkan bukan hanya sebagai anak yang pintar, tapi juga bisa bahagia. Banyak orang yang sukses tapi tidak bahagia. Sukses, pandai dan bahagia. Hidup yang selalu berkeseimbangan," pungkasnya.

Sementara itu, siswi kelas X, Firdausinnisa (15) menambahkan, ia mengaku lebih bersemangat saat dimotivasi oleh Bupati Anas. Remaja berkaca mata ini berharap jika program pendidikan yang bisa memotivasi siswa seperti hari ini bisa dilakukan rutin.

"Saya senang, motivasi diri dan percaya diri saya bertambah. Intinya harus yakin, berdoa dan percaya diri dengan kemampuan diri. Insyaallah bisa," tutupnya.

Sumber: http://news.detik.com/read/2014/05/02/114639/2571272/475/1/hardiknas-bupati-anas-jadi-motivator-pendidikan-di-man-banyuwangi

Ditulis Oleh Tim TIK MAN Banyuwangi

MAN Banyuwangi adalah Sekolah Menengah Atas berciri khas Islam di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia.

Komunitas di: Facebook | Twitter | Google Plus :: Terima kasih atas kunjungan Anda ! ::